Arti Nama Dan Logo Semanggi

Assalamalaikum...

Mungkin beberapa dari teman-teman penasaran atau sempat bertanya dalam hati, kenapa blog ku menggunakan logo Semanggi? Atau mungkin tidak ada yang peduli. Well tapi pada kesempatan kali ini aku ingin menjelaskan Arti Nama dan Logo Semanggi yang sudah saya gunakan semenjak pertama kali membuat blog.

Sebenarnya bukan tanpa alasan kenapa aku menggunakan nama dan logo semanggi. Apa karena aku suka makan semanggi? Nggak juga sih. Tapi jika diingat semua itu berawal saat aku masih kecil mungkin masih duduk di bangku taman kanak-kanan, Ibu sering mengajakku ke sawah setiap sore, bersama beberapa tetangga dan anak-anak kecil sebayaku untuk mencari semanggi. Kalau dulu sih, masih banyak ya di sawah. Kami bisa menemukannya dengan mudah lalu memetiknya.

Saat kegiatan petik memetik semanggi inilah terjadi percakapan antara Ibu dan salah satu temanku, yang mengatakan bahwa semanggi ini mirip aku. Karena rambutku dulu kriting-kriting gimana gitu ya, mirip semanggi katanya. Entahlah, mirip dari mananya aku juga nggak tahu. Dan Anggi, Sem-Anggi. Jadilah setelah hari itu aku sering dibully dan dipanggil semanggi. Kesel sih, berasa pengen aku jambakin terus lempar mereka semua ke kutub utara biar dehidrasi (nah loh).

Sampai akhirnya setelah dewasa julukan itu sedikit demi sedikit menghilang dan terlupakan. Tapi anehnya aku kembali diingatkan oleh salah satu teman baikku yang entah saat itu sengaja atau tidak dia nyeletuk semanggi. Bedanya kali ini bukan dalam rangka untuk membullyku, tapi untuk memberiku semangat.

Semanggi merupakan kepanjangan Semangat Anggi, karena di matanya aku adalah seseorang yang memiliki semangat tinggi, optimis dan selalu tersenyum apapun yang terjadi. Meskipun dulu sempet sebel juga waktu diledek semanggi, tapi sekarang berkat Ana aku tahu makna yang ada di dalam satu kata sederhana, Semanggi.


Apalagi setelah aku tahu tentang filosofi yang terdapat dalam Four Leaf Clover atau Empat Daun Keberuntungan yang dipercaya merupakan simbol keberuntungan dan harapan. Semanggi yang umumnya memiliki tiga daun dalam satu tangkai, tapi ada suatu kondisi langka yang menyebabkan semanggi memiliki empat daun dalam satu tangkai, keadaan yang langka ini disebut-sebut kemungkinan seseorang untuk bisa menemukannya adalah 1 banding 100,000.

Dalam beberapa kepercayaan apabila seseorang menemukan semanggi berdaun empat maka hal tersebut dianggap sebagai keberuntungan.

Di Irlandia four leaf clover dianggap sebagai simbol pembawa keberuntungan.

-Daun pertama melambangkan Iman
-Daun kedua untuk Hope
-Daun ketiga untuk Love
-Daun keempat untuk Luck


Aku pernah hampir tidak inggin menggunakan lambang semanggi untuk jati diri blogku, tapi salah satu blogger terkeren -uhuk- yang juga salah satu teman baikku menyarankan agar aku tetap menggunakan lambang semanggi karena menurutnya lambang semanggi telah menyatu dan menjadi ciri khas yang sudah menempel sekian lama padaku. Lalu dia dengan senang hati membuat logo dan banner semanggi untuk blog ini.



Terima kasih Bryan Suryanto dan Bravura Infinity.

Tidak hanya digunakan untuk blog logo dan banner ini juga digunakan untuk fanpage pribadiku, Faranggi Eva Lutvika.

Nah, sudah tahu kan Arti Nama dan Logo Semanggi. Nggak penting ya hahaha penting-pentingin aja deh.

30 comments:

  1. Penasaran dari awal si saya mah, karna sangat lah asing di telingaku namun malu untuk bertanya karna saya emang aslinya pemalu entah memalukan
    ,haha

    Owh ternyata arti dari semanggi itu semangat anggi ya,emmhh..
    Yaudah deh semanggi terus ya ampe sukses dan jangan lupa sama saye ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngapain malu buat bertanya, kalau malu bertanya sesat di jalan ntar haha

      Delete
  2. Oo.. Jadi gitu. BTW aku tau semanggi itu dari sebuah game Criminal Case!

    Ternyata semanggi itu Semangat Anggi. Hmm jadi inget juga punya temen namanya Anggi. Tapi rambutnya lebat dan lurus, tapi sama-sama punya jiwa yang semangat tinggi kaya kamu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah dewasa rambutku juga lurus dan lebat loh mbak. Kayanya emang rata-rata orang yang bernama anggi ini semangatnya tinggi ya heehe

      Delete
  3. nama yang banyak filosofinya ya mbak fara, bagus sangat bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin blog dan logo yang cocok itu bisa dibilang penting nggak penting sih. Kan bagus kalau punya identitas pribadi buat blog hehe

      Delete
  4. Siap laksanakan..
    Saya bakal penting-pentingin biar semangat bangun blog dan Resolusi tahun ini tercapai dengan gemilang 😂

    ReplyDelete
  5. Kalau Semanggi artinya semangat Anggi dan Semangka artinya semangat kakak, maka Semangkok artinya semangat merokok? Jiahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh merokok itu nggak baik buat kesehatan tauk, nggab boleh... :D

      Delete
  6. hihi lucu kak baca postingannya

    semanggi? buahnya saya masih asing gitu kak
    di daerah saya gak ada soalnya

    tetap semangat
    salam blogger indonesia kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semanggi itu bukan buah sih, tapi sejenis dedaunan dan bisa dimakan. Dikukus dulu baru dimakan pake sambel.

      Ok terima kasih :)

      Delete
  7. Baru tahu Mbak, tapi 4 filosofi itu aku suka banget :)
    iman, hope, love, luck :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu filosofi four leaf clover yang udah ada sejak dulu sih mbak makanya aku ngambil filosofi itu juga buat logo semanggi.

      Delete
  8. semanggi ditempatku masih banyak banget, secara aku tinggalnya di pedesaan, jadi ya masih banyak lah .. tapi btw pgn juga buat logo blog, kira-kira apa yaa ...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempatku juga masih ada cuma udah susah. Kalau dulu bisa cari dengan gampang di sawah, sekarang harus beli dan itupun mahal. Padahal dulu daun semanggi itu dianggap makanan orang ekonomi kelas bawah, tapi kemarin aku beli di alun-alun kota satu pincuk harganya 5rb dapetnya cuma dikit lagi...

      Coba aja bikin logo yang menggambarkan dirimu dan blogmu sebagai ciri khas dan bisa diingat orang dengan gampang :)

      Delete
  9. Oh ada filosofinya toh? Kirain cuman logo doang

    ReplyDelete
  10. Semanagat Anggi, semanggi. Setiap orang memiliki hal yang aneh. Terutama soal logo, dan logo blog punya makna sendiri bagi pemilik blog. Aku pun juga punya logo, tapi entah kenapa logonya mirip tunas kelapa punya kambang pramuka. Hal tidak disengaja, sebenarnya logo itu penyatuan huruf d dan j. Nah kenapa aku jadi curhat. Semngat anggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keunikan itu yang nanti bisa bikin orang cepat ingat dan tau sama blog kita om hehehe
      Untung nggak mirip sama tunas kelapa punya parpol yah. Ntar dikira pendukungnya hehehe

      Delete
  11. Memiliki arti yang sangat baik, tetap semangat anggi.

    ReplyDelete
  12. heem baru tahu nih.., jadi logo SEMANGGI itu kepanjangan Semangat Anggi.., keren juga ada filosofinya.hehe.

    sambil ngopi nyemprtin mampir ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah mampir Mas Jen. Bagi-bagi kopinya gitu hehe

      Delete
  13. Kalau di kutub utara itu hipotermia, kalau dehidrasi di Gurun Sahara.. :D

    ReplyDelete
  14. Ouwh... Jadi seperti itu toh? Aku baru tahu kalau bentuk daun semanggi itu seperti itu. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  15. mungkin hipotermia kali ya.. hehe

    keren filosofinya. hehe

    ReplyDelete
  16. masalahnya adalahhhh... aku nggak tahu kayak apa itu semanggi. *lalalala

    ReplyDelete

Apa pendapatmu tentang artikel di atas? Jangan lupa tinggalkan jejak!